Tanya Jeng Amor

T : Dear Jeng Amor, saya punya 2 orang sahabat yang punya hubungan complicated. Sebut saja yang wanita TS dan yang pria MD. Kalau saya lihat, mereka berdua sebenarnya begitu saling mencintai dan menyayangi. Entah apa yang salah. MD sering curhat pada saya bahwa dia begitu marah, sakit hati, dan segera ingin melupakan TS (tentunya atas a huge unforgiven mistake yang dilakukan TS yang mungkin jeng Amor tidak perlu tahu ya. Lagi pula kalau saya jelaskan di sini, jeng Amor akan bisa menebak dengan tepat siapa yang saya maksud. Dua-duanya terkenal lho di lingkungan saya).

Tapi anehnya, semakin sering MD bilang kalau dia begitu membenci, mendendam, dan bertekat melupakan TS, saya semakin yakin dia sebenarnya berharap sebaliknya. Sebuah pernyataan yang bertolak belakang dengan kenyataan. Menghadapi TS pun, terus terang saya bingung. Entah apa yang ada di pikirannya pada saat ia melakukan ‘dosa’ itu. Jujur, saya kesal saat mengetahuinya. But well, it’s not my life anyway. Let her decide. Berjuta pernyataan pun muncul, salah satunya adalah UNTUK APA? Menurut MD, TS labil, menurut TS ia hanya mencari pernyataan yang menjamin sebuah kondisi masa depan yang lebih indah dan lebih baik. Menurut saya nih Jeng Amor, keduanya benar, dan keduanya salah.

Bukan saya bosan mendengarkan curhat MD, bukan saya sebal terhadap TS, tapiiii…saya hanya bingung. Sesuatu yang sebenarnya begitu sederhana dan simpel bernama komunikasi ternyata begitu sulit dilaksanakan. Karena menurut pandangan singkat saya, keduanya begitu enggan membangun komunikasi yang baik hingga misunderstanding menyulut tragedi. Menurut Jeng Amor apa yang harus saya lakukan? Saya sudah katakan sih pada MD, ada dua cara mengatasi problema duniawi ini. Yang pertama, lupakan semuanya dan memulai sesuatu yang baru dengan tekat memperbaiki kondisi galian komunikasi yang buruk. Yang kedua, daripada tak juntrungan selalu bersungut, karena yang punya sungut cuma semut, find another girl and start a new happily love story.

Tak lupa pada TS saya katakan untuk berteguh hati memilih jalan….jangan sebentar ke sini sebentar ke situ. Karena dengan begitu…kepercayaan akan sulit dihibahkan bukan hanya dari MD, tapi dari siapa pun termasuk saya. Menurut Jeng Amor bagaimana?

MS di Jakarta

J : Dear MS di Jakarta, kamu udah tahu jawabannya KENAPA NANYA LAGIIIIIII????????

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s